Paman Ho: Politisi yang Tinggal Selamanya di Hati Masyarakat Vietnam

Jika Anda mempunyai teman orang Vietnam dan Anda bertanya kepadanya: “Siapa, sih, yang paling dihormati oleh masyarakat Vietnam?”, kemudian jawabannya pasti adalah Presiden Ho Chi Minh. Bagi penduduk Vietnam, lelaki yang menjadi presiden pertama Republik Sosialis Vietnam itu seperti ayah atau paman dalam keluarga. Oleh karena itu, politisi yang menguasai 29 bahasa asing dan dapat berbicara dalam 6 dari 29 bahasa itu dengan sangat lancar ini selalu dipanggil sebagai Paman Ho. Selain politisi, Paman Ho juga penulis, penyair, dan wartawan yang sangat hebat. Meskipun dikenal di seluruh dunia, presiden yang paling disukai oleh masyarakat Vietnam itu masih mempertahankan kehidupan yang sangat sederhana.

bacho.jpg
Lelaki yang paling dihormati di Vietnam

Toko revolusi dan negarawan Vietnam itu memiliki nama asli Nguyen Sinh Cung, dan juga populer sebagai Nguyen Tat Thanh, Nguyen Ai Quoc, da Ho Chi Minh yang berarti “seseorang yang menerangi”. Dia dilahirkan pada 19 Mei 1890 di Nghe An, Vietnam Tengah, oleh perempuan bernama Hoang Thi Loan dan meninggal 2 September 1969 pada umur 79 tahun. Paman Ho adalah anak bungsu dari tiga bersaudara dalam keluarga sederhana. Ayah Presiden Ho Chi Minh bekerja di kekaisaran feodal “Nguyen”, kekaisaran feodal terakhir di Vietnam, saat Vietnam sedang dijajah oleh kolonial Prancis. Sejak kecil, Paman Ho kenal dengan beberapa tokoh revolusi teman-teman ayahnya, yaitu Phan Boi Chau atau Phan Chau Trinh yang ingin ke Jepang guna mencari bantuan untuk Vietnam. Sesudah menyelesaikan pendidikan SD dan SMP, Presiden Ho Chi Minh dan kakak lelakinya pindah ke Hue, ibukota Vietnam saat itu, dan belajar di Sekolah Nasional Hue. Namnu, tiga tahun kemudian, Paman Ho mengikuti demonstrasi anti-Prancis dengan beberapa teman sekolah, jadi tidak dapat menyelesaikan pendidikannya di tempat tersebut. Setelah itu, lelaki yang bernama Nguyen Tat Thanh yang berarti “semuanya sukses” saat itu bekerja sebagai guru sekolah di Kota Phan Thiet, Vietnam Selatan.

Nguyen Ai Quoc.jpg
Presiden Ho Chi Minh waktu dikenal dengan nama Nguyen Ai Quoc

Presiden Ho Chi Minh terkenal tingkat dunia dengan cerita tentang penjalanan demi membebaskan Vietnam. Selama 30 tahun, presiden yang meninggal pada hari Kemerdekaan Vietnam (2 September) itu pergi ke banyak negara, yaitu Prancis, Rusia, Inggris, Jerman,… untuk belajar tentang cita – cita komunis. Berbeda dengan politisi lainnya yang ingin ke Cina atau Jepang, Paman Ho menuju ke negara – negara maju dengan harapan bahwa dia dapat mencari alasan kenapa beberapa negara itu menjadi berkembang. Pada tahun 1911, Paman Ho pergi ke Pelabuhan Nha Rong, Kota Saigon, Vietnam Selatan dan mendapatkan pekerjaan sebagai juru masak kapal uap Prancis. Dari sini, presiden pertama Vietnam yang memiliki cuma satu keinginan adalah membebaskan Vietnam itu memulai penjalanannya. Berkat keinginan tersebut, dia tidak pernah menolak perkejaan meskipun biasanya hanya supaya bisa mendapatkan uang demi membiayai kehidupannya ketika di luar negeri. Selain itu, Paman Ho selalu belajar bahasa asing sendiri dengan metode belajar menghapal 5 kosakata setiap hari, tetapi harus menggunakan kosakata itu dengan lancar. Sebagai politisi komunis, lelaki yang dipanggil “ayah masyarakat Vietnam” itu merupakan teman yang sangat dekat dengan Presiden Soekarno, presiden pertama Indonesia.

hcm-03.png
Bung Karno dan Paman Ho

Prestasi Paman Ho membanggakan bagi penduduk Vietnam. Lelaki yang berbadan langsing dan bermata cerdas itu mendirikan Liga untuk Kemerdekaan Vietnam pada tanggal 2 September 1945 di Alun – alun Ba Dinh, Hanoi, ibukota Vietnam. Seperti sudah ceritakan, presiden itu juga penulis, penyair, dan wartawan yang sangat hebat. Dia memiliki banyak tulisan yang disukai bukan hanya masyarakat Vietnam, tetapi dunia juga. Sampai sekarang, dia merupakan orang yang yang paling dihormati di Vietnam berkat prestasinya. Kota Saigon, kota terbesar di Vietnam Selatan diganti menjadi Kota Ho Chi Minh sejak tahun 1976. Selain itu, orang Vietnam berkata jika Anda berkunjung ke Hanoi, ibukota Vietnam, jangan lupa pergi ke kubusan yang besar dan indah untuk Paman Ho, yang terletak di Alun – alun Ba Dinh.

đọc tuyên ngôn.jpg
Paman Ho mendirikan Republik Sosialis Vietnam pada tanggal 2 September 1995

Karena pencapaian Presiden Ho Chi Minh sangat hebat dia pasti selalu hidup dalam kehidupan masyarakat Vietnam. Dia masih contoh yang baik untuk politisi lainnya. Cerita – cerita tentang sifatnya sifatnya, perjalanannya untuk membebaskan Vietnam atau prestasinya selalu dikatakan di sekolah di salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara itu. Jika Anda tertarik dengan sejarah, cobalah membaca tentang kisah hidup Paman Ho. Diharapan bahwa pemuda Vietnam akan menghormatinya dan mengceritakan tentang presiden pertama Vietnam itu kepada teman – teman internasional.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close